7.TIPS MENGATASI JERAWAT MEMBANDEL



Jerawat adalah kondisi kulit normal yang diderita banyak orang.
Jerawat adalah peradangan kulit di mana kelenjar minyak terinfeksi bakteri, membengkak, dan tersumbat dengan nanah.
Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung dan pundak.
Meski bukan kondisi kritis, jerawat bisa membuat seseorang depresi karena penampilan mereka. Tidak heran ada begitu banyak obat dan krim perawatan wajah yang memberi Anda godaan untuk memberantas jerawat dengan cepat.
Sebenarnya, tidak perlu repot-repot menghabiskan cukup banyak untuk mengobati jerawat.

*Metode alami yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat yang membandel:

1. Tidur yang cukup
Stres adalah faktor penting yang menyebabkan jerawat. Tidak hanya dapat membuat Anda kurang tidur dan mengurangi stamina Anda, stres juga menyebabkan peningkatan produksi hormon glukokortikoid yang memicu sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat.
Begadang menyebabkan peningkatan peradangan sitokin. Meningkatnya zat asing dalam tubuh akan meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan. Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan yang dipicu oleh peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh. Selain itu, kurang tidur menyebabkan peningkatan resistensi insulin. Tubuh akan dipaksa untuk memproduksi lebih banyak insulin yang menyebabkan peradangan dan produksi sebum (minyak) meningkat, sehingga berpotensi untuk pembentukan jerawat.
Tidur membantu proses detoksifikasi tubuh dan wajah. Untuk membantu Anda cukup tidur di malam hari, tempatkan kamar tidur Anda senyaman mungkin. Singkirkan semua gangguan (ponsel, tv, laptop), matikan lampu kamar, dan atur suhu AC (18-22 C). Suhu dingin akan membantu Anda tidur lebih cepat dan lebih lama.

. 2Perbaiki pola makan Anda
Hinidari makanan dan cemilan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu produksi insuln yang berlebihan di dalam tubuh.
Terlalu banyak insulin dalam tubuh akan menyebabkan perubahan metabolisme tubuh yang memperlambat penyembuhan jerawat yang ada. Insulin juga akan memicu produksi sebum berlebih (minyak) sebagai penyebab jerawat.
Jerawat yang membandel secara bertahap akan hilang saat Anda mengubah pola makan dengan pola makan yang lebih sehat. Tukar nasi putih, pasta, roti dan gula segar dengan produk gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta sayuran dan buah-buahan segar.

3. Cuci muka Anda sebelum berolahraga, ataupun sesudahnya
Mungkin agak sulit untuk melihat hubungan antara menghilangkan jerawat dengan olahraga. Sederhana saja, berolahraga secara teratur akan mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati sebagai penyebab jerawat yang membandel. Aktivitas fisik yang solid dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memfasilitasi penyebaran oksigen yang merata mencapai sel-sel wajah kulit. Selain itu, olahraga akan memicu produksi keringat dari kelenjar pori-pori untuk membersihkan kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori.
Tetapi banyak orang tahu bahwa mencuci muka sebelum berolahraga ternyata sama pentingnya dengan mencuci muka setelah berolahraga. Mengapa? Saat Anda berkeringat saat berolahraga, pori-pori akan terbuka dan memudahkan bakteri, make up, debu, dan kotoran lain yang terperangkap di kulit dan menyebabkan jerawat di kemudian hari. Jadi sebelum Anda berkeringat, pastikan pori-pori Anda bersih.

4. Minumlah banyak air
Air dapat membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap lembab dari dalam. Meskipun tidak ada cukup penelitian yang membuktikan bahwa racun dalam tubuh memiliki peran dalam meradang jerawat, para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi air putih yang cukup setidaknya dua gelas sehari akan membantu meningkatkan sirkulasi darah yang mungkin menjadi penyebab jerawat yang membandel.

5. Gunakan tabir surya
Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan, kemerahan, dan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah. Berlama-lama di luar rumah tanpa perlindungan tabir surya juga meningkatkan risiko kanker kulit. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi dalam periode minimum 20 menit setiap kali sebelum Anda meninggalkan rumah.
Jika kulit wajah Anda rentan terhadap jerawat, gunakan tabir surya yang mengandung senyawa kimia ringan, seperti avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate, octocylene, dan zinc oxide. Pilih tabir surya berlabel "noncomedogenic" untuk mengurangi kemungkinan jerawat baru.

6. Konsumsi omega-3
Asam lemak omega-3 telah terbukti mengendalikan produksi leukotriene B4, bahan kimia dalamtubuh yang dapat meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan jerawat yang meradang.

Omega-3 umumnya ditemukan dalam suplemen vitamin, atau makanan seperti kacang kenari, alpukat, minyak biji rami, dan salmon.

7. Rajin mencuci muka
Wajah Anda adalah lokasi favorit untuk pengembangbiakan bakteri, terutama setelah seharian penuh beraktivitas di luar ruangan. Sebum yang diproduksi oleh wajah akan bercampur dengan semua jenis residu kotoran, debu jalanan dan makeup, dan berpotensi menyumbat pori-pori. Ini adalah kombinasi sempurna dari penyebab jerawat dan komedo.
Penting untuk secara rutin mencuci wajah dua kali sehari di pagi dan sore hari, terutama jika Anda tinggal dan melakukan kegiatan di daerah dengan polusi tinggi. Jika Anda hanya memiliki aktivitas di dalam ruangan, jangan memakai riasan, dan jangan terlalu banyak berkeringat, cukup bilas wajah Anda dengan air hangat di malam hari.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7.TIPS MENGATASI JERAWAT MEMBANDEL"

Posting Komentar